Saturday, June 10, 2017

IBS RSUD Kelas B Majalaya

Pemilik : RSUD Kelas B Majalaya/Dinkes Kab. Bandung
Lokasi : Jl. Cipaku No. 87 Majalaya Kab. Bandung, Jawa Barat
Luas Tanah : 1.523 M2 
Luas Bangunan : 3.952,23 m2
Jumlah Lantai : 3 Lantai

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Rumah sakit adalah bangunan gedung atau sarana kesehatan yang memerlukan perhatian khusus dari segi keamanan, keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan, dimana pengaturan penyelenggaraan Rumah Sakit bertujuan : (a) mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan; (b) memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan rumah sakit dan sumber daya manusia di rumah sakit; (c) meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanan rumah sakit.


Gedung Instalasi Bedah Sentral (IBS) adalah suatu unit di rumah sakit yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan tindakan pembedahan secara elektif maupun emergensi (darurat), yang membutuhkan kondisi steril dan kondisi khusus lainnya. Luas ruangan harus cukup untuk memungkinkan petugas bergerak sekeliling peralatan bedah. Ruang operasi harus dirancang dengan faktor keselamatan yang tinggi.

Adapun penunjang Instalasi bedah adalah pelayanan yang diberikan untuk menunjang kegiatan pembedahan baik pelayanan penunjang medis seperti pelayanan Anastesiologi, Radiologi, Patologi Klinik dan Patologi Anatomi. Sedangkan pelayanan penunjang klinik seperti pelayanan darah, Farmasi, Ruang Sterilisasi Instrument, dan Perawatan Intensif.
Pengembangan RSUD Kelas B Majalaya Kabupaten Bandung diarahkan untuk menjadi Rumah Sakit Kelas B  yang berfungsi sebagai rumah sakit rujukan (top referral) bagi sarana kesehatan di Kabupaten Bandung, sehingga kebutuhan akan Instalasi Bedah Sentral dan Penunjangnya sangatlah mutlak diperlukan.

No comments:

Post a Comment