Sunday, May 6, 2018

Madrasah dan Kantor RW

Pemilik : RW 07 Cipadung Kulon
Lokasi : RW 07 Cipadung Kulon Bandung, Jawa Barat
Luas Tanah : 75,00 M2
Luas Bangunan : 159,65 M2

Sebuah Madrasah dan Kantor RW terletak di perumahan padat di Bandung Timur didesain untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak dan kegiatan warga setempat.
Sudah menjadi rahasia yang sangat umum dilingkungan kita jika ingin membangun fasilitas untuk kebutuhan publik selain keterbatasan lahan karena berada pada tengah-tengah perumahan padat yang menyisakan 1 kavling dengan ukuran 7,5 meter x 10 meter, juga biaya yang tentunya terbatas juga. Perlu penanganan secara holistik, baik dari segi desain, pemilihan material dan cara membangun.
Mulai proses desain bangunan ini dibuat sesimpel mungkin dengan layout yang sederhana, dengan pemisahan zona-zona kegiatan dibuat secara vertikal dengan pembagian zona pada setiap lantai.
Lantai 1 dibuat untuk kegiatan sekretariat dan lahan parkir motor plus toilet dan akses tangga sebagai sirkulasi vertikal.
Lantai 2 dibuat untuk kegiatan pendidikan anak-anak/madrasah, perpustakaan dan toilet yang dihubungkan dengan foyer kecil.
Lantai 3 dibuat untuk kegiatan RW dengan ruang yang dibuat terbuka, antara ruang serbaguna dan pantry.
Pemilihan material pun dipilih bahan-bahan bekas yang masih bisa dipake, atau bahan yang secara konstruksi bisa ringan dan murah; misal untuk dinding dalam menggunakan material GRC dengan rangka kayu bekas bongkaran yang sebagian tidak perlu menggunakan finishing cat. Finishing lantai hanya menggunakan acian tanpa finishing keramik. Material lain seperti kusen menggunakan kusen bekas bongkaran yang didapat dari sumbangan warga. Untuk memberi aksen, dinding lantai dasar menggunakan bata rooster yang selain tanpa finishing juga bisa digunakan sebagai ventilasi untuk memudahkan sirkulasi udara.

No comments:

Post a Comment